Abuya As-Sayyid Muhammad bin As-Sayyid
Alwi Al-maliki Al-Hasani lahir di kota Makkah tahun 1365 H / 1945 M.
Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah Makkah, dimana ayah
beliau As-Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani sebagai guru agama
di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di
Haram Makki yang tempatnya sangat masyhur dekat Babussalam
Setelah As-Sayyid Alwi Al-Maliki wafat,
putra beliau As-Sayyid Muhammad tampil sebagai
penerus. Disamping mengajar di Masjidi Haram, beliau diangkat sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Makkah bagian ilmu Hadith dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen di dua Universiatas tsb, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih mengajar di Masjidil Haram sambil membuka majlis ta’lim rumah beliau di Utaibiyyah kemudian pindah ke Rushoifah ..
penerus. Disamping mengajar di Masjidi Haram, beliau diangkat sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Makkah bagian ilmu Hadith dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen di dua Universiatas tsb, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih mengajar di Masjidil Haram sambil membuka majlis ta’lim rumah beliau di Utaibiyyah kemudian pindah ke Rushoifah ..
Abuya As-Sayyid Muhammad Al-maliki
dikenal sebagai guru, pengajar dan pendidik yang tidak beraliran keras,
tidak berlebih-lebihan, dan selalu menerima hiwar dengan hikmah dan
mauidhah hasanah. Beliau ingin mengangkat derajat dan martabat Muslimin
menjadi manusia yang berperilaku baik dalam muamalatnya kepada Allah dan
kepada sesama, terhormat dalam perbuatan, tindakan serta pikiran dan
perasaannya.
Beliau adalah orang cerdas dan
terpelajar, berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama.
Itulah ajaran utama Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau
selalu menerima dan menghargai pendapat orang dan menghormati orang yang
tidak sealiran dengannya atau tidak searah dengan thariqahnya. Dalam
kehidupannya beliau selalu bersabar dengan orang-orang yang tidak
bersependapat baik dengan pemikirannya atau dengan alirannya, semua yang
berlawanan diterima dengan sabar dan dijawab dengan hikmah.
Beliau tahu persis bahwa kelemahan Islam
terdapat pada pertikaian para ulamanya dan ini memang yang di inginkan
musuh Islam. Sampai-sampai beliau menerima dengan rela digeser dari
kedudukannya baik di Universitas dan ta’lim beliau di masjidil Haram.
Semua ini beliau terima dengan kesabaran dan keikhlasan bahkan beliau
selalu menghormati orang orang yang tidak bersependapat dan sealiran
dengannya, semasih mereka memiliki pandangan khilaf yang bersumber dari
al-Quran dan Sunah.
Pada akhir hayat beliau yang berkenaan
dengan adanya kejadian teroris di Saudi Arabia, beliau mendapatkan
undangan dari ketua umum Masjidil HaramSyeikh sholeh bin Abdurahman
Alhushen untuk mengikuti “Hiwar Fikri” di Makkah yang diadakan pada tgl 5
sd 9 Dzul Qo’dah 1424 H / Desember 2003 M dengan judul “Al-qhuluw wal
I’tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah”, di sana beliau mendapat kehormatan
untuk mengeluarkan pendapatnya tentang thatarruf atau yang lebih poluler
disebut ajaran yang beraliran fundamentalists atau extremist. Dan dari
sana beliau telah meluncurkan sebuah buku yang sangat popular dikalangan
masyarakat Saudi yang berjudul “Alqhuluw Dairah Fil Irhab Wa Ifsad
Almujtama”. Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang
da’wah selalu mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas.
Pada tg 11 Dzul Qo’dah 1424 H / 4
Januari 2004 M, beliau mendapat kesempatan untuk memberikan ceramah di
hadapan wakil raja Amir Abdullah bin Abdul Aziz yang isinya beliau
selalu menggaris-bawahi akan usaha menyatukan suara ulama dan menjalin
persatuan dan kesatuan da’wah.
Di samping tugas beliau sebagai da’i,
pengajar, pembibing, dosen, penceramah dan segala bentuk kegiatan yang
bermangfaat bagi agama, beliau pula seorang pujangga besar dan penulis
unggul. Tidak kurang dari 100 buku yang telah dikarangnya, semuanya
beredar di seluruh dunia. Tidak sedikit dari kitab2 beliau yang beredar
telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu, Indonesia
dll.
Ketika kunjungan beliau ke Malaysia pada
bulan Syawwal 1423 / Desember 2002 Abuya Memberi amanah kepada murid
beliau tertua KH. Ihya’ Ulumuddin untuk membuat wadah bagi para alumni
atas pendapat dari Abuya As-Sayyid Ahmad putra beliau, alhamdulillah
pada Tgl 2 Muharrom 1424 H / 5 Maret 2003 sebanyak 25 murid beliau
berkumpul di kediaman KH. Muhyiddin Nor Pondok Pesantren Darussalam
Tambak Madu Surabaya semua sepakat mewujudkan amanah beliau berda’wah
secara berjama’ah dengan di beri nama Hai’ah ASH-SHOFWAH yang sekarang
kantor pusatnya berda di Jl. Gayungsari Surabaya sebelah timur Masjid
Al-Akbar Surabaya dimana sudah mempunyai 15 kantor cabang diseluruh
Indonesia
Beliau wafat hari jumat tgl 15 romadhan
1425H / 30 Oktober 2004 M dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la
disamping makam istri Rasulullah Khadijah binti Khuwailid. Dan yang
menyaksikan penguburan beliau seluruh umat muslimin yang berada di
Makkah pada saat itu termasuk para pejabat, ulama, para santri yang
datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Makkah atau dari luar
negri. Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan,
semua menyaksikan janazah beliau setelah disolati di Masjidil Haram
setelah sholat isya’ yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta
manusia. Begitu pula selama tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi
ribuan orang yang ingin mengucapkan belasungkawa dan melakukan `aza’.
Beliau wafat meninggalkan 6 putra,
As-Sayyid Ahmad, As-Sayyid Abdullah, As-Sayyid Alwi, As-Sayyid Ali,
As-Sayyid Al- Hasan dan As-Sayyid Al-Husen dan beberapa putri-putri yang
tidak bisa disebut satu persatu disini .
Selamat tinggal ayah yang berhati baik.
Selamat tinggal sosok tubuh yang pernah menanamkan hikmah, ilmu, teladan
dihati hati kami. Selamat tinggal pemimpin umat yang tak bisa kami
lupakan dalam pendiriannya dan keikhlasannya. Selamat tinggal pahlawan
yang jujur, ikhlas dalam amal dan perbuatanya. Selamat jalan… selamat
jalan,.. kebaikan dan kemulyaan engkau telah meliputimu semasa hidupmu
dan disaat wafatmu. Engkau telah hidupi hari hari mu didunia dengan
mulia, dan sekarang Engkau telah terima imbalannya disaat wafatmu pula
dengan mulia. Jika sekarang kita telah berpisah untuk sementara, maka
kami pasti akan menyusulmu Insya Allah dan kita pasti akan bertemu dan
berkumpul kembali…. amin yarobbal alamin.[]
sumber http://santri.net/sejarah/biografi-ulama/abuya-biografi-as-sayyid-muhammad-alawi-al-maliki-al-hasani/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar