Nama dan Nasab
Nama asli beliau adalah Abdul Malik, sedangkan ‘alam kunyah (nama dengan
tambahan abu) beliau adalah “Abul Ma’ali”, dan ‘alam laqob (nama
julukan/gelar) beliau adalah “Imamul Haromain” yang artinya Imam 2 tanah
harom, maksudnya tanah harom Mekah dan tanah harom Madinah, selain itu
beliau juga diberi gelar “Dhiya’uddin” (Cahaya Agama) dan juga “Fakhrul
Islam” (kebanggaan
Islam). Beliau diberi gelar “Imamul Haromain” karena
beliau sempat bermukim di kota Mekah selama 4 tahun, begitu juga beliau
pernah bermukim di kota Madinah selama 4 tahun, dikedua tempat tersebut
beliau mengajar dan berfatwa.
Sedangkan nasab beliau adalah Abdul Malik bin Abdulloh bin Yusuf bin
Muhammad bin Hayyuyah Al-Juwaini As-Sanbasi, At-Tho’I An-Naisaburi
Asy-Syafi’i. Juwain adalah salah satu daerah dikawasan Naisabur,
sedangkang Sanbas adalah salah satu kabilah/suku yang terkenal di daerah
Thoyy.
Kelahiran dan perkembangan
Mayoritas ahli sejarah berpendapat bahwa imam haromain dilahirkan pada
tanggal 18 muharrom tahun 419 H. di Naisabur, salah satu kota bagian
Khurosan, yang kini termasuk wilayah Negara Iran. Naisabur adalah satu
kota yang saat itu menjadi salah satu pusat kebudayaan di Khurosan.
Beliau dibesarkan ditengah – tengah keluarga yang shaleh dan bertakwa.
Ayah beliau, Abdulloh bin Yusuf Abu Muhammad Al-Juwaini adalah seorang
ulama’ yang terkenal dalam bidang ilmu tafsir, fiqih, bahasa arab dan
sastra, dan mengajar ilmu fiqih disalah satu madrasah yang ada dikota
Naisabur. Sedangkan ibu beliau adalah seorang budak wanita yang shalehah
yang dibeli oleh ayahnya dengan uang yang tak tercampur sedikitpun
dengan harta syubhat, ayah Imam Haromain juga hanya memberikan nafkah
dari harta yang murni halal kepada ibunya sampai ibunya mengandung
beliau. Ayah beliau memang memegang kuat prinsip untuk tidak memberikan
makanan bagi keluarga dan anknya kecuali dengan harta yang halal, dengan
keyakinan yang teguh bahwa harta yang tidak halal akan merusak agama
dan dunia, dan member pengaruh buruk pada orang yang memakannya.
Masa – Masa Menuntut Ilmu
Tempat pertama bagi beliau untuk belajar adalah rumahnya sendiri,
dibawah bimbingan ayahnya beliau menghafalkan al-qur’an dan juga belajar
ilmu tafsir, hadits, fiqih, ushul dan sastra, beliau juga mempelajari
semua kitab – kitab karya ayahnya dengan dibawah bimbingan ayahnya
langsung.
Selain itu beliau juga belajar hadits kepada beberapa guru, seperti
Syaikh Abu Manshur dan lainnya. Di masa mudanya beliau tak mau hanya
mengikuti pendapat – pendapat ayah beliau dan teman – temannya sebelum
masalah itu benar benar dikaji secara mendalam, beliau mengkaji setiap
masalah secara sungguh – sungguh dengan memperhatikan pendapat –
pendapat dalam madzhab Imam Syafi’I dan juga dari madzhab lainnya saat
berdiskusi, hal tersebut yang membuat beliau sangat menonjol diantara
teman – teman diskusinya, sehingga pada saat usia beliau belum menginjak
umur 20 tahun beliau sudah dijadikan ketua dalam diskusi yang diadakan
dimajlis ayahnya.
Namun itu semua tak membuat minat belajar beliau berkurang, pada pagi
buta beliau sudah pergi ke masjid ustadz Abu Abdulloh Al-Khobazi, beliau
membaca al-qur’an dan mempelajari beberapa ilmu pada gurunya tersebut,
setelah selesai beliau kembali ke madrasah ayahnya dan mengajar disana,
setelah selesai mengajar beliau pergi ke madrasah Al-Baihaqi, disana
beliau belajar ilmu kalam (ilmu tauhid/ushuluddin) pada Al-Ustadz Abul
Qosim Al-isfaroyini. Begitulah keseharian beliau, menuntut ilmu mulai
dari kecil sampai dimasa tua, bahkan saat sudah menjadi guru di
madrasah.
Guru – Guru Imam Haromain
Imam Haromain mempelajari berbagai cabang ilmu dari beberapa guru dan
para masyayikh yang hidup dimasa itu. Guru – guru utama beliau adalah
sebagai berikut :
1. Ayah beliau sendiri, Syaikh Abu Muhammad, Abdulloh bin Yusuf
Al-Juwaini, seorang ulama’ ahli dalam bidang ilmu fiqih, ushul dan
tafsir. Diantara kitab – kitab karyanya yang terpenting adalah; Syarah
kitab Ar-risalah karya Imam Syafi’I, Tafsir Al-Kabir, At-tabshiroh
Wat-Tadzkiroh, Al-Furuq, as-Silsilah, Mauqiful Imam Wal Ma’mum dan
Mukhtashorul Muhtashor. Syaikh Abdulloh al-Juwaini wafat pada tahun 438
H.
2. Syaikh Abul Qosim Al-Isfaroyini Al-Iskaf, Abdul Jabbar bin Ali bin
Muhammad bin Haskan, ulama’ ahli ilmu fiqih, ushul dan ilmu kalam,
beliau belajar pada Syaikh Abu Ishaq Al-isfaroyini dan Syaikh Abdulloh
bin Yusuf Al-Ashfihani, beliau wafat pada tahun 452 H. Syaikh Abul Qosim
Al-Isfaroyini merupakan guru utama Imam Haromain dalam ilmu kalam,
3. Syaikh Abu Abdulloh Al-Khobbazi, Muhammad bin Ali bin Muhammad bin
Hasan, seorang ulama’ utama yang ahli dalam ilmu qiro’ah (bacaan)
al-qur’an di kota Naisabur, beliau dilahirkan pada tahun 372 H. dan
wafat pada tahun 449 H. Imam Haromain belajar al-qur’an pada beliau
diwaktu pagi hari sebelum mengajar.
4. Al-Imam Az-Zahid Asy-Syaikh Fadhlulloh bin Ahmad bin Muhammad Al-Maihani, beliau wafat pada tahun 440 H.
5. Al-Qodhi Asy-Syaikh Abu Ali, Husain bin Muhammad bin Ahmad
Al-Marudzi, ulama’ yang menjadi guru utama dalam fiqih madzhab Imam
Syafi’i. Dalam kitab – kitab fiqih madzhab syafi’I nama beliau bisa
disebut dengan “Qodhi Husain”, beliau mendapat julukan “Habrul Ummat”
(Ahli/pakarnya umat islam), diantara kitab karya beliau adalah
‘At-Ta’liqoh Al-Kubro’ dan ‘Al-Fatawi’. Beliau wafat pada tahun 462 H.
6. Al-hafidh Abu Na’im Al-Ashfihani, Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin
Ishaq, penulis kitab yang terkenal; “Hilyatul Ulama’. Salah seorang
pembesar ulama’ – ulama’ ahli hadits, beliau wafat pada tahun 430 H.
7. Abul Qosim Al-Furoni Al-Maruzi Asy-Syafi’i, Abdurrohman bin Muhammad
bin Ahmad bin Furon, ulama’ ahli ilmu fiqih madzhab syafi’I yang menjadi
pemimpin ulama’ – ulama’ ahli fiqih didaerah Marwa, beliau banyak
menulis kitab tentang ushul, fiqih dan khilaf ulama’, diantara karya
beliau adalah kitab “Al-ibanah”, beliau wafat pada tahun 463 H.
8. Imam Baihaqi, Abu Bakar, Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqi An-Naisaburi,
salah seorang ulama’ pembesar ilmu hadits dan fiqih madzhab syafi’i.
Setelah belajar pada beliau, Imam Haromain juga ikut mengajar dimadrasah
Imam Baihaqi> Imam Haromain sangat mengagumi gurunya ini, sampai –
sampai beliau mengatakan; “Semua orang yang mengikuti madzhab syafi’I
memiliki hutang budi kepada Imam Syafi’I, kecuali Imam Baihaqi,
sebaliknya Imam Syafi’I mempunyai hutang budi pada beliau karena kitab –
kitab karya beliau yang ditulis untuk membela pendapat –pendapat Imam
Syafi’I dan madzhabnya”. Diantara kitab karya beliau adalah “As-Sunan
Al-Kubro”, “Ma’rifatus Sunan Wal Atsar” dan Al-Mabsuth”. Beliau wafat
pada tahun 458 H.
Murid – Murid Imam Haromain
Imam Haromain banyak menelurkan ulama’ – ulama’ yang sangat terkenal di
zamannya, Syaikh Ibnul Jauzi bercerita; “setiap hari tak kurang dari 300
orang yang menghadiri majlis beliau untuk belajar, dan banyak dari
mereka yang menjadi ulama’ – ulama’ besar, bahkan sebagian dari mereka
sudah mengajar disaat beliau masih hidup”.
Diantara murid – murid beliau yang terkenal adalah :
1. Imam Ghozali, Syaikh Abu Hamid, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad
bin Ahmad At-Thusi Al-Ghozali, penulis kitab – kitab terkenal seperti
“Ihya’ ulumiddin”, “Al-Mankhul”, “Al-Mustashfa” dan lainnya, beliau
wafat pada tahun 505 H.
2. Imam Ilkiya Al-Harrosi, Syaikh Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Ali
Ath-thobari, seorang ahli fiqih madzhab syafi’i, ushul dan hadits yang
mendapat gelar “Imaduddin” (Tiang agama). Diantara kitab karya utama
beliau adalah ‘Syifa’ul Mustarsyidin” dan “Ahkamul Qur’an”. Beliau wafat
pada tahun 504 H.
3. Syaikh Ahmad bin Muhammad bin Al-Mudhoffar An-Naisaburi, ulama’ ahli
fiqih madzhab syafi’i yang menjadi salah satu murid andalan Imam
Haromain, beliau wafat pada tahun 500 H.
4. Al-Ustadz Abu Nashr, Abdurrohim bin Abdul Karim bin Hawazin, putra
dari Imam Abul Qosim Al-Qusyairi, penggemar kitab tafsir, fiqih dan ilmu
kalam, diantara kitab karya beliau adalah “Al-Maqomat” dan “Al-Adab”,
beliau wafat pada tahun 154 H.
Kitab – Kitab karya Imam Haromain
Beliau meninggalkan banyak kitab karangan yang sangat bermanfaat dan terkenal. Berikut ini diantara karya – karya beliau;
1. Nihayatul Mathlab Fi Diroyatil Madzhab 20 juz.
2. Ghiyatsul umam Fit-Tiyatsidh Dhulam
3. Al-Aqidah An-Nidhomiyah
4. Asy-Syamil Fi Ushuliddin
5. Mughitsul Kholqi Fi atba’il Haqqi
6. Madarikul Uqul
7. Al-Burhan Fi Ushulil Fiqhi
8. Al-Irsyad Fi ushulil Fiqhi
9. At-Talkhish Fi Ushulil fiqhi
10. Al-Waroqot Fi Ushulil Fiqhi
Wafat Imam Haromain
Imam Haromain wafat didesa Busytaniqon, pada malam rabu setelah sholat
isya’, tanggal 25 bulan Robi’ul Akhir tahun 478 H. dalam usia 59 tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar